Sejarah Kerajaan Sumedang Larang: Masa Keemasan Kerajaan Sumedang Larang, Menakjubkan! Luas Wilayahnya Hampir Seluas Provinsi Jawa Barat

suararelawan – Sejarah Kerajaan Sumedang Larang: Masa Keemasan Kerajaan Sumedang Larang, Menakjubkan! Luas Wilayahnya Hampir Seluas Provinsi Jawa Barat

Sejarah Kerajaan Sumedang Larang tak bisa lepas dari Sejarah Jawa Barat. Kerajaan Sumedang Larang sudah berdiri sejak abad ke-8 Masehi pada saat kepemimpinan Prabu Tajimalela. Pada abad ke-16, Kerajaan Sumedang Larang mencapai puncak keemasan pada saat kepemimpinan Prabu Geusan Ulun. Luas wilayahnya hampir seluas provinsi Jawa Barat sekarang, kecuali wilayah Kesultanan Banten di Barat dan Kesultanan Cirebon di Timur.

Abad ke-16 Ratu Setyasih atau dikenal dengan Ratu Pucuk Umun (putri dari raja Tirtakusumah/Raja Sumedang Larang menikah dengan Pangeran Santri dari Cirebon. Dari hasil pernikahannya lahirlah Raden Angkawijaya yang nantinya bergelar Prabu Geusan Ulun.

Pada waktu pemerintahan Ratu Pucuk Umun di Sumedang Larang, Kerajaan Sunda Pajajaran semakin mengalami kemunduran akibat serangan pasukan Islam Kesultanan Banten. Secara de facto kerajaan-kerajaan kecil di bawahnya menjadi kerajaan bebas (merdeka), termasuk kerajaan Sumedang Larang.

baca juga : Sejarah Monumen Lingga di Sumedang: Sebagai Objek Religi atau Monumen Peringatan?

 

Kerajaan Sumedang Larang memiliki hubungan yang sangat erat dengan Kerajaan Sunda Pajajaran. Kedekatan hubungan dua kerajaan ini akibat dari adanya pernikahan yang berpengaruh pada kedekatan hubungan sosial, ekonomi, budaya dan politik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar