Sejarah Pelet Marongge, Pelet Ampuh Penakluk Hati Wanita

suararelawan – Sejarah Pelet Marongge, Pelet Ampuh Penakluk Hati Wanita

Pernah dengar kata Marongge? Ketika mendengar kata Marongge pasti yang terpikir adalah ilmu peletnya. Iya betul, Desa Marongge di Kecamatan Tomo Sumedang itu lebih terkenal dengan ilmu peletnya. Bagaimana sejarah pelet Marongge? Yuk kita intip di sini.

Pelet Marongge, sangatlah terkenal. Siapapun yang menggunakan ilmu pelet ini akan mampu menaklukan dan meluluhkan hati lawan jenisnya. Sejarah Pelet Marongge tidak terlepas dari perjalanan 4 orang bersaudara yaitu Mbah Gabug, Mbah Setayu, Mbah Naibah dan Mbah Naidah. Mereka adalah para prajurit perempuan dari Mataram yang menetap di Sumedang.

baca juga : Larangan Memakai Batik di Petilasan Eyang Jayaperkasa, Ternyata Inilah Sejarahnya

 

Keempat bersaudara ini mempunyai paras yang sangat cantik. Mereka tidak mempunyai pasangan. Bukan berarti tidak ada yang tertarik untuk menjadikan mereka sebagai istri. Tapi karena tidak ada seorang pria pun yang berhasil mengalahkan kesaktian mereka.

Konon pernah ada seorang ksatria yang mau meminang salahsatu dari mereka. Tapi syaratnya adalah harus mengalahkan kesaktian mereka. Mbah Gabug yang mewakili ketiga saudaranya kemudian mengambil buah kukuk (sejenis labu), kemudian melemparnya ke Sungai Cilutung yang ada di sana, hingga buah itu terbawa arus sungai. Sang Ksatria disuruh untuk mengembalikan buah kukuk tersebut dengan cara merubah arahnya menjadi melawan arus sungai.

banner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar