Tetap Sehat di Cuaca Menyengat: Inilah Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit di Cuaca Panas

suararelawan – Tetap Sehat di Cuaca Menyengat: Inilah Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit di Cuaca Panas

Ada sebuah anekdot ungkapan berbahasa Sunda yaitu “keur panas kieu mah, onta oge ngiuhan” (dalam cuaca panas begini, unta juga mencari tempat berteduh). Artinya sekelas hewan padang pasir pun berusaha menjaga tubuhnya agar terhindar dari cuaca yang panas menyehat. Bagaimana dengan kita? Mungkin ada yang bertanya bagaimana agar tetap sehat di cuaca menyengat seperti akhir-akhir ini.

Menurut rilis data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Indonesia sedang mengalami fenomena El Nino. El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) yang terjadi di Samudera Pasifik di atas suhu normalnya. Sehingga akibat dari fenomena ini, suhu udara terasa lebih panas.

Fenomena El Nino ini diperkirakan akan berlangsung sampai dengan bulan Februari 2024. Dampak yang terasa sekarang adalah suhu meningkat di kisaran 24 – 36 derajat Celcius. Selain itu di beberapa wilayah juga sudah terdampak kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih, juga terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

baca juga : Bagaimana menjaga kesehatan rambut? Inilah Tips menjaga kesehatan rambut supaya tidak gampang rontok!

 

Untuk menghindari cuaca panas seperti ini agar tetap sehat di cuaca menyengat, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit.

1. Olahraga di dalam ruangan

Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap fit. Untuk menghindari cuaca panas ini, olahraga bisa dilakukan di dalam ruangan, seperti yoga, latihan kardio, treadmill dan lain-lain

2. Jangan terlalu sering mandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar