Tampomas: Segudang Potensi dan Misteri di Gunung Tertinggi di Sumedang

suararelawan – Tampomas: Segudang Potensi dan Misteri di Gunung Tertinggi di Sumedang

Tampomas adalah salah satu gugusan gunung berapi di Jawa Barat, yang terletak di Sumedang. Mempunyai ketinggian 1684 mdpl menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Sumedang.

Termasuk dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tampomas, gunung ini meliputi beberapa Kecamatan. Diantaranya Kecamatan Conggeang, Kecamatan Buahdua, Kecamatan Tanjungkerta dan Kecamatan Cimalaka. Topografinya berbukit-bukit dengan ketinggian beragam mulai dari 625 mdpl sampai dengan yang tertinggi yaitu 1684 mdpl.

Sebagai gunung tertinggi di Sumedang, gunung ini mempunyai segudang potensi. Seperti potensi wisata, potensi hidrologi dan potensi flora dan fauna. Untuk potensi flora di gunung ini masih tumbuh pohon-pohon seperti pohon pasang, puspa, rasamala dan saninten.

baca juga : Wisata Religi Masjid Al – Kamil Sumedang, Dengan Segala Keindahannya, Spot View Terbaik Jatigede

 

Kekayaan alam faunanya juga masih terbilang cukup bagus, gunung ini menjadi habitat untuk Kancil, Lutung, Owa Jawa, Surili, Babi Hutan, Monyet Ekor Panjang, Ayam Hutan, Bultok dan Elang Jawa. Bahkan menurut cerita masyarakat sekitar di sini juga masih terdapat hewan buas seperti Macan dan Meong Congkok (sejenis kucing hutan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar