Jangan Menyebut Kata Ini, Jika Kalian Tak Ingin Celaka!

suararelawan – Jangan Menyebut Kata Ini, Jika Kalian Tak Ingin Celaka!

Jangan menyebut suatu kata tertentu berlaku di beberapa daerah. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat yang masih menjunjung adat istiadat di daerahnya. Mereka memegang teguh larangan tersebut bahkan sampai ke beberapa generasi.

Di Sumedang, terdapat beberapa daerah yang memberlakukan larangan mengatakan suatu kata tertentu. Di Desa Cipancar dan sekitarnya misalnya, di sini dilarang mengatakan “Kucing/Ucing”. Larangan ini masih dipegang teguh oleh masyarakat, bahkan diwariskan ke generasi berikutnya.

Emang apa sih yang terjadi kalo kita atau mereka menyebut kata “Kucing/Ucing”?

baca juga : Donat Ubi Cilembu: Inilah Rahasianya Agar Tetap Empuk Walaupun Sudah 2 Hari

 

Konon katanya, apabila kita atau masyarakat menyebut kata “Kucing/Ucing” di wilayah Desa Cipancar, percaya ga percaya maka akan terjadi sesuatu malapetaka atau musibah. Memang terkesan tahayul, di luar nalar, dan tidak rasional, tapi mitos tersebut adalah kearifan lokal yang masih dipercayai oleh masyarakat di desa tersebut.

Menurut cerita, dulu pernah ada seseorang dari luar daerah yang bertugas di Desa Cipancar. Karena tidak tahu, dia beberapa kali menyebut kata “Kucing/Ucing”, dan akhirnya dia mengalami musibah. Setelah diobati oleh para sesepuh desa tersebut, dan meminta maaf karena ketidaktahuannya, maka kondisi orang tersebut kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *