Wajib Tahu: Pangkostrad ke-2 Yang Menjadi Wakil Presiden RI Adalah Orang Situraja Sumedang, Kamu Pasti Tercengang!

suararelawan – Wajib Tahu: Pangkostrad ke-2 Yang Menjadi Wakil Presiden RI Adalah Orang Situraja Sumedang, Kamu Pasti Tercengang!

Tau gak bahwa Sumedang punya banyak tokoh nasional yang tercatat dalam sejarah Indonesia. Bahkan para tokoh tersebut menduduki posisi dan jabatan penting di negara ini, seperti misalnya Wakil Presiden dan lain-lain

Salah satunya adalah Umar Wirahadikusumah, seorang tokoh sederhana yang lahir dari ningrat Sumedang. Beliau lahir pada tanggal 10 Oktober 1924 di Situraja Sumedang dari pasangan Raden Rangga Wirahadikusumah dan Raden Ratnaningrum. Karena beliau keluarga bangsawan, beliau menyelesaikan pendidikannya di bawah Pemerintah Kolonial Belanda.

Mungkin kalian bertanya-tanya siapakah Umar Wirahadikusumah? Untuk generasi 80-90an pasti kalian pernah lihat potonya terpampang di setiap ruangan sekolah, berdampingan dengan poto Presiden dan Lambang Garuda. Ya betul, beliau adalah Wakil Presiden RI keempat periode 1983-1988.

baca juga : Yuk Kepoin Linimasa (Timeline) Sejarah PMI, dari Mulai Bentukan Belanda sampai Diakui Internasional

 

Jauh sebelum menjadi Wakil Presiden, pada masa pendudukan Jepang, Umar Wirahadikusumah mengikuti pelatihan Dai Nippon, Seinendojo selama 4 bulan di Tangerang. Walaupun keputusannya untuk bergabung dengan militer ditentang oleh keluarga. Tahun 1943 beliau bergabung dengan Pasukan Pembela Tanah Air (PETA).

Setelah Revolusi Nasional, beliau bertugas di Angkatan Darat dan ditempatkan di Kodam III/Siliwangi. Selama bertugas, beliau ikut menumpas pemberontakan PKI tahun 1948 dan pemberontakan PERMESTA di Sumatera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar