Yuk Kepoin Linimasa (Timeline) Sejarah PMI, dari Mulai Bentukan Belanda sampai Diakui Internasional

suararelawan – Yuk Kepoin Linimasa (Timeline) Sejarah PMI, dari Mulai Bentukan Belanda sampai Diakui Internasional

Kalo kita mendengar kata Palang Merah Indonesia (PMI) pikiran kita akan langsung terfokus ke donor darah. Tidak bisa dipungkiri bahwa PMI itu sama dengan donor darah. Padahal tugas PMI itu bukan hanya donor darah, tapi ada juga ngasih bantuan buat korban bencana, krisis kesehatan, korban konflik dan bahkan sampe dengan ngurusin Hukum Perikemanusiaan Internasional.

Ngomongin tentang PMI, ternyata tanggal 17 September 2023 itu, PMI berulang tahun yang ke-78. Iya benar seumuran sama Republik Indonesia, lahirnya pun hanya beda 1 bulan. Yuk kita kepoin linimasa sejarah PMI dari mulai dibentuk oleh Belanda sampe diakui dunia internasional.

21 Oktober 1873 Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Het Nederlands Indische Rode Kruis (NIRK) yang kemudian berubah menjadi Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (NERKAI) atau kurang lebih Palang Merah Belanda di Negeri Jajahan Indonesia.

baca juga : Sejarah PMI: Mengenal Organisasi Kemanusiaan Pertama dan Terbesar di Indonesia

 

1932 Dr. RCL Senduk dan Dr Bahder Djohan berjuang mempelopori berdirinya PMI

1940 usulan pendirian PMI dibawa ke Konferensi NERKAI, tapi mendapat penolakan

1942 – 1945 (Masa Pendudukan Jepang) mereka juga mengusulkan pendirian Badan Palang Merah Nasional, tapi sayang, lagi-lagi ditolak oleh Pemerintahan Tentara Jepang.

3 September 1945, 17 hari setelah Proklamasi, Presiden Soekarno memerintahkan Dr. Buntaran (Menkes) untuk membentuk Suatu Badan Palang Merah Nasional.

5 September 1945 Dr. Buntaran membentuk Panitia Lima yang terdiri dari dr. R. Mochtar, dr. Bahder Djohan, dr. Djoehana, dr. Marzuki dan dr. Sitanala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar