Sejarah PMI: Mengenal Organisasi Kemanusiaan Pertama dan Terbesar di Indonesia

suararelawan – Sejarah PMI: Mengenal Organisasi Kemanusiaan Pertama dan Terbesar di Indonesia

Sejarah PMI wajib kita ketahui. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang belum tau apa sih PMI itu. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak bareng-bareng artikel Sejarah PMI.

Selama ini kita hanya tau bahwa PMI itu identik dengan donor darah, padahal tahun 2023 ini PMI berulang tahun untuk yang ke-78 lho, sama dengan ulang tahunnya Republik Indonesia.

PMI atau singkatan dari Palang Merah Indonesia, adalah organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan yang pertama dan terbesar di Indonesia. Tugasnya banyak, diantaranya: ngasih bantuan pada korban bencana, krisis kesehatan, korban konflik, sosialisasi atau diseminasi kepalangmerahan serta hukum perikemanusiaan internasional. Selain itu, PMI juga punya Unit Donor Darah yang tugasnya memenuhi kebutuhan darah di masyarakat.

baca juga : Duet Maut Urang Sumedang, Berhasil Merubah Wajah Jakarta, Siapakah Mereka?

 

Berbicara tentang PMI, ternyata PMI itu sudah ada sejak Perang Dunia ke-2. Dulu namanya NERKAI (Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie) didirikan oleh Belanda tanggal 21 Oktober 1873. lalu dibubarkan pada masa penjajahan Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar