Fenomena Gunung Sunda di Sumedang, Antara Ada dan Tiada

suararelawan – Fenomena Gunung Sunda di Sumedang, Antara Ada dan Tiada.

Kata Gunung Sunda terasa asing di telinga kita. Mendengar kata Gunung Sunda mengingatkan kita pada Gunung Sunda Purba yang kalderanya membentuk Danau Bandung Purba atau sekarang menjadi cekungan Bandung.

Tapi yang dibahas di sini bukan tentang Gunung Sunda Purba, melainkan Gunung Sunda Sumedang. Emang ada Gunung Sunda Sumedang? Di mana letaknya?

Menurut Kuncen Pemakaman Gunung Puyuh, R. Deni Sumadilaga, Gunung Sunda Sumedang adalah Gunung Puyuh sekarang. Gunung Puyuh adalah tempat pemakaman para leluhur Sumedang seperti Pangeran Sugih dan Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien.

baca juga : Tempat Nongkrong Paling Hits di Cimalaka Sumedang, Dekat Dengan Exit Tol Cisumdawu?

 

Konon sebelum bernama Gunung Puyuh, gunung tersebut bernama Gunung Sunda. Hal ini berkaitan dengan peristiwa pendiri kerajaan Sumedang Larang yaitu Prabu Tajimalela yang bertapa di Gunung Sunda dan mendengar suara burung puyuh di daerah tersebut kemudian mengganti nama Gunung Sunda tersebut menjadi Gunung Puyuh.

Menurut sumber lain, Gunung Puyuh bukanlah Gunung Sunda, dikarenakan Gunung Puyuh hanyalah sebuah pasir (bukit) kecil dan bukan merupakan sebuah Gunung. Dikatakan olehnya bahwa Gunung Puyuh merupakan bagian atau kaki dari Gunung Sunda di Sumedang.

baca juga : Punya Keinginan Bergabung di Korps Sukarelawan Palang Merah Indonesia? Yuk Kepoin Lagu-Lagu Tentang PMI!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar