Aksi Heroik Pangeran Kornel Berjabatan Tangan dengan Gubernur Jenderal Belanda Menggunakan Tangan Kiri

suararelawan – Aksi Heroik Pangeran Kornel Berjabatan Tangan dengan Gubernur Jenderal Belanda Menggunakan Tangan Kiri

Di ujung Jalan Cadas Pangeran terdapat sebuah patung yang sedang bersalaman. Patung tersebut berpakaian militer Belanda dan yang satunya berpakaian kebesaran bangsawan Sunda. Menggambarkan Aksi Heroik Pangeran Kornel yang sedang bersalaman dengan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels.

Patung yang menggambarkan perlawanan masyarakat Sumedang terhadap Hindia Belanda itu terkait dengan pembangunan jalan pos dari Anyer ke Panarukan yang melewati Kabupaten Sumedang. Di Kabupaten Sumedang, jalan tersebut harus membelah gunung batu dan cadas yang sangat curam.

baca juga : Ikan Si Rawing – Pembawa Malapetaka Banjir, Penanda Datangnya Musim Hujan

 

Karena pembangunan jalan tersebut sangat menyusahkan rakyat, penguasa Sumedang pada saat itu yaitu Pangeran Surianagara III atau Pangeran Kusumadinata IX merasa sangat prihatin. Maka ketika H.W. Daendels melakukan sidak pembangunan jalan, Bupati Sumedang itu menyambutnya.

Pada saat Daendels mau berjabat tangan dengan Pangeran Kusumadinata IX, beliau menerimanya dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanannya memegang keris Nagasasra II. Hal ini beliau lakukan sebagai bentuk perlawanan dan pembelaan terhadap masyarakat Sumedang.

Akhirnya pada pertemuan tersebut diceritakan bahwa H.W. Daendels berjanji akan membantu pembangunan jalan di gunung batu tersebut dengan mengerahkan pasukan Zeni Hindia Belanda. Daendels sangat memuji keberanian Bupati Sumedang dalam membela masyarakatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *