Rekomendasi 3 Tempat Wisata Ziarah di Sumedang, Dayeuhluhur Masih Menjadi Favorit

suararelawan – Rekomendasi 3 Tempat Wisata Ziarah di Sumedang, Dayeuhluhur Masih Menjadi Favorit

Wisata ziarah adalah sebuah wisata atau traveling yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk tujuan ziarah atau untuk menjalankan bagian dari kepercayaan agama atau untuk kesenangan spiritualnya. Situs-situs ziarah masih menjadi tujuan utama para wisatawan di seluruh dunia.

Di Kabupaten Sumedang, tempat-tempat atau situs-situs wisata ziarah tersebar di berbagai kecamatan. Mulai dari Kecamatan Sumedang Selatan terdapat area pemakaman Gunung Puyuh yang terletak di Desa Sukajaya.

Gunung Puyuh merupakan kompleks pemakaman para ningrat atau Bupati keturunan Prabu Geusan Ulun. Di kompleks ini ada pemakaman Pangeran Aria Kusumah Adinata atau lebih dikenal Pangeran Sugih, makam Pangeran Rangga Gempol II dan yang lainnya.

baca juga : Warung Pengkolan Jati Yang Hadirkan Pemandangan Langsung Menghadap Gunung Tampomas

 

Di sini juga ada makam Pahlawan Nasional yaitu Cut Nyak Dhien. Cut Nyak Dhien adalah seorang srikandi dari Aceh yang diasingkan oleh Belanda ke Sumedang sampai meninggal di Sumedang. Bekas rumah kediaman dan makamnya menjadi tujuan wisata ziarah terutama bagi orang-orang keturunan Aceh.

Di pusat Kota Sumedang juga terdapat kompleks makam Pasarean, yang beralamat di lingkungan Pasarean Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar