Jejak Keraton Sumedang Larang, Dapat Ditemukan di Padasuka

suararelawan – Jejak Keraton Sumedang Larang, Dapat Ditemukan di Padasuka

Pada awalnya bernama Kerajaan Tembong Agung, lalu berganti menjadi Himbar Buana dan selanjutnya berganti lagi menjadi Sumedang Larang. Kata ini diambil dari perkataan Prabu Tajimalela yang menyebutkan Insun Medal Insun Madangan yang artinya “Aku Lahir untuk Membawa Cahaya (Penerang)”.

Pada masa pemerintahan Ratu Pucuk Umun dan Pangeran Santri, pusat pemerintahan berada di Kutamaya (sekarang masuk wilayah Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara). Selanjutnya Sumedang Larang mencapai masa keemasan dibawah kepemimpinan Prabu Geusan Ulun (1579 – 1601) yang merupakan putra dari Ratu Inten Dewata (Ratu Pucuk Umun) dan Pangeran Santri.

Selayaknya sebuah kerajaan, tentunya harus ada sebuah bangunan yang merupakan induk atau pusat pemerintahan atau dikenal dengan nama Keraton. Tapi di manakah letaknya?

baca juga : Banyak Peninggalan Sejarah Benteng Belanda di Sumedang, Lokasinya Di Mana Ya?

 

Jejak Keraton Sumedang Larang diantaranya adalah Situs Pohon Hanjuang. Pohon Hanjuang ini ditanam oleh Mbah Jaya Perkasa atau Sanghyang Hawu yang merupakan Patih kerajaan ketika terjadi konfrontasi dengan Cirebon.

banner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar