Sejarah Palang Merah Indonesia, Terbentuk Karena Keinginan Presiden Pertama RI?

suararelawan – Berikut Sejarah Palang Merah Indonesia, Terbentuk Karena Keinginan Presiden Pertama RI?

Palang Merah Indonesia (PMI) adalah organisasi kemanusiaan yang fokus pada layanan medis dan bantuan darurat di Indonesia.

Organisasi ini memiliki sejarah panjang dengan banyak partisipasi tokoh dan peristiwa penting dalam perkembangannya.

Berikut sejarah singkat Palang Merah Indonesia:

Awal :

PMI didirikan pada tanggal 17 September 1945, bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia, oleh Dr. Soetomo, seorang dokter terkenal pada saat itu, dan Ibu Fransisca Hanadi Sutikno, seorang perawat.

Baca Juga : Sejarah Palang Merah Dunia Yang Wajib Kamu Tahu, Dimulai Sejak Perang Dunia Ke-1?

 

Keduanya sangat terharu dengan perlunya perawatan medis bagi para korban Perang Dunia II dan konfrontasi Indonesia-Malaysia yang terjadi saat itu.

Pengakuan internasional :

PMI menjadi anggota International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) pada tahun 1950 dan menjadi anggota International Committee of Red Cross and Red Crescent Societies (ICRC) pada tahun 1952.

Organisasi ini telah mengakui PMI sebagai bagian dari organisasi global organisasi. Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC). Gerakan silang. Tugas dan Kegiatan:

PMI berkomitmen untuk menyelamatkan nyawa dan meringankan penderitaan manusia dalam berbagai situasi darurat, seperti bencana alam, konflik, dan pandemi. Selain itu, PMI juga aktif mengikuti kegiatan sosial, donor darah, penyuluhan kesehatan serta program pendidikan dan pelatihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar