Menguak Fakta Lulun Samak Hantu Penunggu Sungai Yang Bisa Menenggelamkan Orang

suararelawan – Menguak Fakta Lulun Samak Hantu Penunggu Sungai Yang Bisa Menenggelamkan Orang

Pada umumnya sejak jaman dahulu masyarakat Indonesia mendiami daerah di pinggiran sungai. Banyak kerajaan-kerajaan yang berdiri di pinggir sungai, filosofinya karena sungai merupakan urat nadi kehidupan. Salah satu budaya dalam kehidupan masyarakat pinggir sungai adalah adanya mitos Lulun Samak Hantu Penunggu Sungai.

Khusunya masyarakat Sunda yang hidup di pinggiran sungai sangat mempercayai hal tersebut. Lulun Samak (gulungan tikar) adalah hantu penunggu sungai yang sangat berbahaya. Dia bisa menyeret orang yang berenang di sungai sampai tenggelam. Di berbagai daerah di Indonesia hantu ini punya nama masing-masing. Lulun Samak hanya dikenal di suku Sunda.

Hantu ini bisa merubah dirinya menjadi seperti tikar yang digelar dan mengambang di sungai atau di pinggir sungai, bisa juga berbentuk seperti kepala kerbau. Konon orang yang berenang dan mencoba mengambil tikar tersebut akan tergulung lalu kemudian dibawa ke kedalaman sungai. Makanya orang-orang tua jaman dulu sering melarang anaknya berenang di sungai di waktu-waktu tertentu karena ditakutkan ada lulun samak.

baca juga : Ikan Si Rawing – Pembawa Malapetaka Banjir, Penanda Datangnya Musim Hujan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *